Berita terkini

get this widget here

Kamis, 29 Maret 2018

Tim BHR Kankemenag Kota Bukittinggi Lakukan Pengukuran Arah Kiblat Perdana Di Tahun 2018

Bukittinggi Inmas--Salah satu tupoksi Kementerian Agama melalui Seksi Penyelenggara Syari'ah di Kabupaten/Kota melakukan pengukuran arah kiblat. Empat orang Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Kamis, 08/03 melakukan pengukuran arah kiblat perdana di tahun 2018.
Tim BHR Kemenag Kota Bukittinggi yang di ketuai Penyelenggara Syari'ah Hj. Misra Elfi melakukan pengukuran arah kiblat di komplek perumahan Cahaya Muslim jl. Sanjai Dalam kelurahan Manggis Gantiang Kecamatan Mandiangin Koto selayan kota Bukittingi sebelum Pembangunan Mushalla di Komplek tersebut.

Hj. Misra Elfi pada kesempatan tersebut menyampaikan pengukuran arah kiblat pada awalnya menggunakan ilmu hisab dengan melakukan penetepan titik kordinat dalam menetukan titik azimut kiblat, dan lain sebagainya. namun dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pengukuran arah kiblat dilakukan menggunakan jarum kompas yang memang dikhususkan untuk itu. "Untuk Tim BHR Kemenag Kota Bukittinggi saat ini kita memakai Theodolit sebagai salah salah satu alat ukur arah kiblat disamping kita juga mengunakan waterpass dengan menyertakan pengukuran manual". Jelasnya

Sekarang ini Tim BHR harus peka dengan perkembangan Ilmu Teknologi sehingga apapun perkembangan teknologi akan mampu membawa mereka untuk mewujudkan pelayanan yang baik kepada masyarakat.
sementara itu dilain kesempatan Kakan Kemenag kota Bukittinggi H. Abrar Munanda, M. Ag menyampaikan Keberadaan Tim BHR dalam Pengukuran arah kiblat sangat penting dan harus dilakukan oleh mereka yang memang ahli dibidangnya .Salah dalam pengukuran arah kiblat akan menyebabkan salahnya masyarakat dalam melakukan arah ibadah sholat, yang juga berdampak pada kepercayaan masyarakat kepada Tim BHR dan Kementerian Agama. "kami menghimbau kepada masyarakat agar pengukuran arah kiblat dilakukan sebelum pembangunan dilaksanakan agar posisi bangunan dan arah kiblat berada pada arah yang tepat". Tuturnya
( by : Syafrial )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

mohon masukan saran dan kritik yang bijak atas kinerja kami, terima kasih