Berita terkini

get this widget here

Rabu, 26 Maret 2014

PEMETAAN, PERBAIKAN, PENGENDALIAN DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH

PAB-Bukittinggi, Senin 10/3 Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAM-BN) dimulai dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, di Kota Bukittinggi UAM-BN diikuti oleh 425 siswa MA dan 514 siswa MTs. Tim Monitoring UAM-BN Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi senin 10/3 langsung  mengunjungi seluruh lokasi penyelenggara ujian tersebut yang terdiri dari beberapa tim monev. H. Muhamad Nur, MA, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi bersama Dra. Hj. Zulfamayetty, Pengawas Madrasah dan Hayatullah Kumaini staf pendidikan Madrasah  mendatangi MAN 1 Bukittinggi, 

Sementara itu H. Idrial, Kasubag TU bersama Tri Andriani Djusair, Kasi Pendidikan Madrasah dan Azril, S.Hi, Staf Pendidikan Madrasah mengunjungi MAN 2 Bukittinggi, berdasarkan pantauan dan koisioner yang tersedia ujian berjalan dengan lancar, aman dan tertib. Pengawas ujian tersebut berlaku silang murni antara guru MAN 1 dengan MAN 2 karena madrasah penyelenggara UAM-BN ini di Bukittinggi hanya dua madrasah.

Kepala Kantor Kementerian Agama, H. Muhamad Nur, MA menyatakan kepada tim humas saat diwawancarai :” untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan meningkatkan mutu pendidikan agama islam yang meliputi mata pelajaran Alqur’an- Hadits, Akidah akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Ialam, Ilmu Kalam dan Bahasa Arab pada madrasah aliayah dan tsanawiyah, dan untuk mengukur ketercapaian konpetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan,  maka perlu mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAM-BN). Penyelenggaran ujian tahun ini diharapkan berjalan lancar dan tertib dan aman sesuai dengan POS yang telah diturunkan oleh Direktorat  Jenderal Pendidikan Islam nomor 171 Tahun 2014. Kesuksesan ujian tahun ini harus benar-benar maksimal sehingga siswa Madrasah Kota Bukittinggi baik nageri maupun swasta mampu bersaing dengan madrasah-madrasah daerah lain. Sukses persiapan, sukses penyelenggaraan dan sukses hasil adalah motto yang kita angkat saat ini.

Fungsi UAM-BN adalah sebagai bahan pertimbangan dalam penetuan pemetaan mutu madrasah, salah satu syarat ketentuan lulusan, umpan balik dalam perbaiakan program pembelajaran ada mts dan ma, alat pengendali mutu pendidikan dan pendorong peningkatan mutu penididikan pada madrasah” tambah H. Muhamad Nur, MA dengan lugas.

Di ruang kerjanya Tri Andriani Djusair, S.Ag, Kasi pendidikan madrasah saat ditemui tim humas menyatakan :”Acuan UAM-BN ini adalah Paraturan Menteri Agama nomor 2 Tahun 2008, tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Peserta UAM-BN di Kota Bukittinggi sebayak 425 siswa ma dari berbagai jurusan diantaranya IPA 150 siswa, IPS 204 siswa dan Keagamaan 71 siswa. Pelaksanaan ujian MA yaitu tanggal 10 Maret  2014 sampai dengan 12 Maret 2014, Untuk siswa MTs peserta UAM-BN adalah 514 siswa terdiri dari dua madrasah negeri dan empat madrasah swasta : MTsN 1 Bukittinggi 277 siswa, MTsN 2 Bukittinggi 167 siswa, MTsS PP Bai’aturidhwan 21 siswa, MTsS Muhamadiyah Bkt 7 siswa, MTsS PP Al Maarif 20 Siswa dan MTsS PP Mad. Munawarah 22 siswa, penyelenggaraan ujiannya tanggal 24 Maret 2015 sampai dengan 26 Maret 2014 mendatang.

Dari lima madrasah aliyah di Kota Bukittinggi dua sebagai penyelenggara dan tiga sebagai KKM antara lain : MAN 1 Bukittinggi 235 siswa penyelenggara, MAS PP Al Maarif  4 siswa dan Bai’aturidhwan 15 siswa KKMnya dan MAN 2 Bukittinggi 158 siswa penyelenggara, MAS PP Mad. Munawarah 10 siswa KKMnya. Untuk mts dari enam madrasah dua penyelenggara dan empat lainya sebagai KKMnya antara lain : MTsN 1 Bukittinggi 277 siswa penyelenggara, MTsS PP Baia’aturidhwan 21 siswa dan MTsS Muhamadiyah 27 siswa KKMnya, dan MTsN 2 Bukittinggi 167 siswa penyelenggara, MTsS PP Al Maarif 20 siswa dan MTsS PP Mad. Munawarah 22 siswa KKMnya” Tambahnya. (Lap. Hayatullah Kumaini)( by : admin )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

mohon masukan saran dan kritik yang bijak atas kinerja kami, terima kasih