Berita terkini

get this widget here

Rabu, 27 Juli 2016

Evaluasi IKM KUA Mandiangin Koto Selayan

EVALUASI HASIL INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM)
KANTOR URUSAN AGAMA (KUA)
KEC. MANDIANGIN KOTO SELAYAN KOTA BUKITTINGGI    Semester I Tahun 2016

I.Pendahuluan
Salah satu tolak ukur keberhasilan dan peningkatan pada KUA Kecamatan adalah hasil Indeks Kepuasan Masyarakat dimana KUA adalah salah unit layanan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah blangko isian atau kuisioner yang diberikan kepada masyarakat untuk diisi, sesuai dengan maksud layanan yang mereka urus ke KUA. Didalamnya memuat bentuk layanan yang diminta, waktu pelayanan, baya dan dikeluarkan, dan lama waktu penyelesaian hingga daftar cheklist yang harus diisi atas pelayanan yang telah mereka dapatkan.
Tujuan utama dari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) ini adalah agar lingkungan KUA daat mengukur dan mengevaluasi atas pelayanan yang diberikan. Apabila hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dimaksud sudah baik bahkan sangat baik, maka harus dipertahankan dan di inovasi lagi, sementara jika hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tersebut masih dibawah rata-rata atau cukup, maka harus dilakukan evaluasi dan perubahan hingga pada hari berikutnya, hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) itu bisa meningkat.
II.Hasil Pelaksanaan Monev

Dari 15 lembar Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang telah dijalankan kepada peminta layanan atau masyrakat, maka dapat digambarkan sebagaimana tabel dibawah:

III. Analisis dan Rekomendasi
Berdasarkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang telah dijalankan diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa nilai hampir seluruh item penilaian berada di atas rata-rata, yang bernilai baik bahkan sangat baik. Hanya ada beberapa item kecil yang diberi nilai kurang baik.
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pelayanan pada KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan sudah berjalan sesuai dengan ketentuan dan yang diharapkan, namun tetap harus ditingkatkan pada beberapa item yang diberikan penilaian kurang baik oleh masyarakat.
Dari hasil di atas jga dapat direkomendasikan hal-hal sebagai berikut:

  1. 1.Untuk meningkatkan hasil pelayanan dan meningkatkan kepuasan masyarakat yang diberi layanan, maka perlu dilakukan pengendalian dan penguatan internal yang intens.
  2. 2.Mencermati, memahami dan mengamalkan 5 (lima) budaya kerja dalam pelayanan.
  3. 3.Penerapan Salam, Senyum, Sapa, Sopan dan Santun (5 S) dalam memberikan pelayanan.

IV.Penutup
Demikian laporan ini disampaikan, semoga dapat jadi bahan pertimbangan untuk menetapkan kebijakan dan peningkatan kinerja di masa yang akan datang.

Bukittinggi,        Juli 2016
Kepala




Amar Albar Antoni. S, S.HI
 by : admin )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

mohon masukan saran dan kritik yang bijak atas kinerja kami, terima kasih