Berita terkini

get this widget here

Rabu, 15 Mei 2013

PROGRAM NASIONAL MGMP PAI SMP DI BUKITTINGGI



Bukittinggi, PAB
           
Peningkatan profesionalisme seorang guru atau tenaga pendidik mesti berbanding lurus dengan meningkatnya perhatian Pemerintah kepada para pahlawan tanpa tanda jasa itu. Hal ini disadari oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP se-Kota Bukittinggi.  Drs. Amril Aladin selaku ketua MGMP SMP Bukittinggi didampingi sekretaris Rahmi Candra, S.Pd.I mengemukakan, bahwa pada tahun 2013 ini ada sebuah program nasional yang dibantu dari APBN Kemenag Pusat. Kegiatan itu berupa peningkatan kualitas dan profesionalisme guru profesional.
            Peningkatan SDM guru profesionalis guru Pendidikan Agama Islam di setiap SMP yang ada di kota Bukittinggi itu dilakukan selama beberapa kali pertemuan. Diawali dengan Pelatihan Membuat Bahan Kuliah dengan berbasis ITC,
bersama narasumber Aprianto, M.Pd, widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang. Dilaksanakan secara maraton, dengan 24 kali pertemuan. Drs. Amril Aladin yang juga guru agama berprestasi nasional dari SMP Negeri 8 Bukittinggi itu menambahkan, narasumber dalam kegiatan ini adalah tenaga profesional yang banyak berkontribusi bagi dunia pendidikan. Narasumbernya benar-benar orang yang profesional, berpengalaman dan pilihan, katanya.
            Diharapkan Kasi PAIS, Drs. Gazali : “kiranya pendidikan agama Islam semakin meningkat di kota ini. Karena peranan guru agma jauh lebih utama, bila dibanding guru mata pelajaran yang lain. Guru agama dipandang sebagai orang yang paling bertanggungjawab terhadap pemhaman dan pengamalan agama peserta didik. Bahkan tumpuan harapan bagi terwujudnya karakter siswa. Kesimpulan akhir dari karakter anak bangsa yang diharapkan adalah generasi bangsa yang berakhlakul karimah.” Mantan kasi PENAMAS itu menaruh harapan kiranya prestasi yang diperoleh dunia pendidikan di kota wisata ini terus dapat diringkatkan.
            Kasi Pendidikan Madrasah, Tri Andriani Dj., S.Ag menyambut baik, kegiatan MGMP SMP ini. Ia mengatakan bahwa suksesnya sebuah institusi pendidikan ditentukan oleh beberapa Aspek utama. Antara lain adalah tenaga pendidik dan kependidikan yang handal, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai serta dukungan orang tua dan lingkungannya.
Disisi lain, H. Muhammad Nur, MA, Ka-kankemenag Kota Bukittinggi, menekankan perlunya guru PAI SMP terus meningkatkan kualitas dan profesionalismenya dengan terus belajar dan mengajar. Dan ia menghimbau agar di setiap sekolah ada labor agama. Jangan hanya labor biologi, kimia dan labaor bahasa, tapi perlu difikirkan tersedianya labor agama ini. Karena pendidikan agama adalah kebutuhan pokok setiap peserta didik, yang nilai manfaatnya sepanjang masa, kata orang nomor satu di Kankemenag Bukittinggi itu. 
            (Laporan : H. Syamsul Bahri, S.HI)( by : admin )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

mohon masukan saran dan kritik yang bijak atas kinerja kami, terima kasih