Berita terkini

get this widget here

Selasa, 01 Oktober 2013

Bukittinggi mengembangkan Madrasah bersih dan sehat melalui UKS



Laporan Hayatullah Kumaini
Bukittinggi, Humas : 25/9,  Rabu beberapa Madrasah disibukan dengan persiapan menghadapi Lomba UKS  tingkat wilayah prov. Sumbar diantaranya MIN Gulai Bancah Bukittinggi, MTsN 1 Bukittinggi dan MAN 2 Bukittinggi. Saat ditemui humas Kasi Pendidikan Madrasah Kota Bukittinggi Tri Andriani Djusair, S.Ag mengatakan :” Melalui sekolah (UKS), dilaksanakan mulai dari jenjang pendidikan dasar sampai dengan pendidikan menengah, termasuk sekolah agama dan TK, serta SLB, dengan alasan:
 Anak usia sekolah merupakan kelompok umur  yang rawan terhadap masalah kesehatan, Usia sekolah sangat peka untuk menanamkan pengertian dan kebiasaan hidup sehat, Sekolah merupakan institusi masyarakat yang terorganisasi dengan baik,  Keadaan kesehatan anak sekolah akan sangat berpengaruh thd prestasi belajar yang dicapai, Anak sekolah merupakan klpk terbesar dari klpk usia anak-anak yang menerapkan wajib belajar, Pendidikan kesehatan melalui anak-anak sekolah sangat efektif untuk merubah perilaku dan kebiasaan hidup sehat umumnya . Usaha kesehatan sekolah  disingkat UKS adalah suatu usaha yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di kawasan lingkungan sekolah. UKS juga merupakan  upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan yankes di sekolah, perguruan agama serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan dilingkungan sekolah. Hal ini yang dilakukan oleh setiap madrasah baik negeri maupun swasta, mulai dari RA, MI, MTs dan MA dilingkungan kantor Kemenag  Kota Bukittinggi”.
Untuk memotivasi program tersebut Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Kota Bukittinggi telah mengadakan lomba UKS Tingkat Kota Bukittinggi, setiap pemenang Lomba UKS MI, MTs dan MA langsung di utus untuk mewakili Kota Bukittinggi menuju lomba Tingkat Wilayah Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat berdasarkan Surat Keputusan Kepela Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi Nomor : Kd.03/13-b/PP.00/  1195  / 2013, tanggal 11 September 2013, tentang Penetapan Pemenang Lomba UKS Tingkat Kota Bukittinggi”  Tambahnya ketika diwawancari diruang kerjanya.
Sehubungan dengan akan dilaksanakan penilaian/lomba UKS Madrasah tingkat Provinsi Sumatera Barat pada awal bulan Oktober 2013, berdasarkan surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sumbar nomor : KW.03/2-e/PP.02.3/ 144 /2013 , tanggal 11 September 2013, hal Lomba UKS dengan melengkapi bahan-bahan berikut:Profil Madrasah, Surat Keputusan Kankemenag perihal penunjukan madrasah yang bersangkutan, Surat keterangan telah melengkapi data EMIS dari Kankemanag, Fotocopy NSM/Izin Operasional, Fotocopy sertifikat Akreditasi, Fotocopy Bukti kepemilikan Tanah, Daftar dan Jadwal kegiatan UKS, Data Dokter Kecil/Anggota PMR, Data Guru/Siswa yang pernah ikut Pelatihan UKS dengan melampirkan sertifikat/piagam, Foto-foto penunjang dan Dukumentasi dan data pendukung lainnya.
( by : admin )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

mohon masukan saran dan kritik yang bijak atas kinerja kami, terima kasih