Berita terkini

get this widget here

Selasa, 19 April 2016

KADER ROHIS SMA, SMK DIBINA DAN DISELEKSI DI KEMENAG BUKITTINGGI



Bukittinggi, HP.-Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Muhamad Nur, MA didampingi Kasi PAIS Drs. Gazali, MA memberikan pembinaan kepada kader rohis yang berasal dari utusan SMA dan SMK se-kota Bukittinggi. “Dengan Pembinaan dan Seleksi Rohis SMA/SMK Tingkat Kota Bukittinggi Tahun 2016, Kita Tingkatkan Wawasan dan Pengetahuan Dalam Mengelola Organisasi Yang Islamy” adalah tema pembinaannya.



Pembinaan yang diikuti oleh 20 orang peserta itu, diawali dengan pemaparan materi oleh empat orang narasumber. Yaitu Drs. Gazali, MA, H. Zulfikar, S.Ag., Zulfebriandi, S.HI dan H. Syamsul Bahri, S.HI., MA. Kemudian para siswa pilihan dari seluruh SMA/SMK di kota wisata itu menunjukkan kebolehannya dalam berbagai bidang. Antara lain menampilkan keahlian dalam mengelola kelompok diskusi, mengemukakan pendapat dan merumuskan suatu masalah seuai tema yang ditetapkan narasumber. Para siswa terlihat aktif dalam berdiskusi kelompok, masing-masing dengan tema : LGBT, NARKOBA, Free Sex dan HIV/AIDS; Masalah dan Solusinya.


            Pada kesempatan tersebut seluruh peserta juga diuji bacaan dan hafalan Al-Qur’annya. Mereka diwawancarai oleh narasumber tentang wawasan kepemimpinan, pengetahuan agama dan kiat mereka dalam memajukan Forum Studi Islam (FSI) di SMA/SMK masing-masing. Setiap siswa diberi kesempatan untuk menampilkan minat dan bakat masing-masing. Peserta berlomba untuk menampilkan kehlian masing-maing dalam bidang Tahfiz Al-Qur’an, Pidato, Puisi Dakwah, Nasyid dan lainya.       


Kasi PAIS Kankemenag Bukittinggi Drs. Gazali, MA dalam pembinaan tersebut menegaskan perlunya generasi muda dibekali wawasan kepemimpinan dan berbagai disiplin ilmu pengetahuan agar mampu memimpin teman-teman lainnya di SMA/SMK untuk meningkatkan kegiatan studi Islam. Rohis di sekolah sangat penting artinya bagi pegewantahan nilai-nilai religiusitas siswa guna menangkal berbagai dampak negatif dari kemajuan teknologi, informasi dan menghindari tergerusnya morailtas dan akhlak generasi bangsa. 

Peserta terbaik dalam ajang Pembinaan dan Seleksi ini akan mewakili Rohis Kota Bukittinggi ke ajang Seleksi dan Pembinaan Rohis di tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2016.
(Laporan : SYAMSUL BAHRI)
( by : admin )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

mohon masukan saran dan kritik yang bijak atas kinerja kami, terima kasih