Berita terkini

get this widget here

Selasa, 20 Mei 2014

Mengenal Kurikulum 2013

Bukittinggi-Pab, Senin 28/4, Beberapa permasalahan pendidikan saat ini antara lain: Pembelajaran berorientasi pada pengembangan koqnitif ketimbang afeksi dan keterampilan, Kesibukan guru lebih pada persiapan ketimbang  pengembangan proses pembelajaran,  Metode mengajar lebih dominan interaksi satu arah guru dan siswa, Ketuntasan pembelajaran jarang atau sulit tercapai, Kurang berkembangnya kreatifitas siswa dan guru, Jumlah buku siswa SD yang begitu banyak, Beban belajar terasa berat, melelahkan dan membosankan oleh siswa, Munculnya belajar tambahan dan bimbingan belajar saat akan menempuh ujian akhir, Penjurusan yang membelenggu masa depan siswa, Gersang proses pembentukan karakter bangsa bagi siswa, Seringnya terjadi tawuran antar siswa. maka dari itu Seksi Pendidikan Agama Islam pada Sekolah (PAIS) kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi mengangkatkan sebuah kegiatan orientasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI Sekolah Dasar (SD) di Meeting Room Nikita Hotel Jalan Sudirman Bukittinggi pukul 08.00 wib berlangsung pelatihan Guru PAI Sekolah Dasar (SD) dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Acara yang dilaksanakan oleh Seksi PAIS Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dengan peserta sebanyak 40 Orang guru PAI Sekolah Dasar (SD), sedangkan narasumber yaitu Drs. Saidan Lubis berasal dari Balai Diklat Padang dengan materi Menegnal Kurikulum PAI 2013. Kepala Seksi PAIS, Drs. Gazali selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan laporannya bahwa kegiatan ini Orientasi implementasi Kurikulum 2013 pada pemebelajaran PAI SD dan ini salah satu bentuk upaya peningkatan mutu pendidikan agama islam di sekolah umum.
Pembukaan secara resmi Oleh Kepala Kantor kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Muhamad Nur, MA. Dalam sambutannya menyampaikan : ” Mengajar itu tugas mulia dunia dan akhirat. Guru Pendidikan Agama Islam adalah tenaga pendidik panutan, sehingga realisasi Kurikulum 2013 sebagai besar bergantung kepada guru PAI, karena lebih fokus kepada pembentukan sikap dan mental peserta didik. Oleh karena itu diharapkan guru PAI ini benar-benar mampu melaksanakan tugas mulia ini sehingga di Kota tercinta Bukittinggi ini akan bermunculanlah para pemimpin masa depan yang benar-benar berakhlakul karimah.

Materi  Kurikulum 2013  ini mengetengahkan pembahasan seputar latar belakang perubahan kurikulum, karakteristik kurikulum 2013, elemen-elemen perubahan, kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), dan pendekatan ilmiah. hal ini disampaikan oleh Aprianto, MM, Widyaiswara Balai DIklat Keagamaan Padang saat orientasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI Sekolah Dasar (SD) di Meeting Room Nikita Hotel Jalan Sudirman Bukittinggi pukul 08.00 wib berlangsung pelatihan Guru PAI Sekolah Dasar (SD) dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Proses pembelajaran kurikulum 2013 menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.

Langkah-Langkah Pembelajaran Ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa.” Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana”. Ranah pengetahuan menggamit; ransformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa.” Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik  (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah,  dalam pembelajaran  mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran. (Lap_#dayat)
( by : admin )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

mohon masukan saran dan kritik yang bijak atas kinerja kami, terima kasih